Tips Photoshop - Membuat shadow lebih cerah

Untuk photo portrait, kadang kala kita sering mendapati area shadow agak terlalu gelap. Namun bila kita melakukan adjustment dengan menggunakan Adjustment layer (biasanya menggunakan adjustment layer curve), akan menaikan highlight diseluruh image. Sementara yang kita inginkan adalah hanya area shadow.

Cara termudah adalah dengan menggunakan apply image pada layer mask dari Adjustment layer.

Berikut step-step yang perlu dilakukan


Gambar diatas adalah sebelum dilakukan adjustment layer curves. Tambahkan adjustment layer curves, lalu tari curves keatas.


Dapat kita perhatikan, seluruh area menjadi lebih terang, padahal yang kita inginkan adalah agar area shadow lebih cerah, atau dengan kata lain kita ingin lebih menyama ratakan pencahayaan.

Untuk case seperti ini, kita dapat gunakan apply image pada layer mask dari Adjustment layer, karena apply image adalah mengambil gambar yang tampak di screen digunakan sebagai masking. Keuntungannya adalah gambar tersebut sudah menyimpan informasi area mana yang cerah, area mana yang lebih gelap.


Setelah menekan menu apply image, maka akan tampil windows seperti diatas. Kita pilih background (karena gambar tersebut yang ingin kita gunakan sebagai informasi masking). lalu kita invert (karena kita akan meningkatkan kecerahan pada shadow). Kalau Anda ragu, bereksperimen saja, bila di click invert area mana yang lebih cerah atau bila tidak di click invert area mana yang lebih cerah.

Gambar berikut adalah layer mask yang dibuat berdasar apply image. Jadi terlihat jelas, yang berwarna putih akan menjadi lebih cerah (dalam hal ini adalah area shadow pada photo). Dan yang berwarna hitam tidak akan menjadi cerah.



Berikut hasil akhir, kecerahan lebih merata dan nampak lebih smooth. Bila kurang puas, kita masih bisa kembali ke Adjustment Layer Curves, ubah point curve naik atau turun.

Memang adjustment layer ini sangat bermanfaat, karena memungkinkan kita untuk melakukan adjustment tanpa merusak gambar asli dan dapat dilakukan kapan saja.




TIPS: hal yang perlu diperhatikan setelah melakukan adjustment mencerahkan shadow, akan terjadi kita kehilangan warna. Tambahkan adjustment layer vibrance untuk mengkompensasi warna yang hilang tersebut. Silakan bereksperimen dengan menggeser pointer vibrance.


Semoga bermanfaat.

image proprietary of : phlearn.com
Tips Photoshop - Membuat shadow lebih cerah Tips Photoshop - Membuat shadow lebih cerah Reviewed by noname needed on January 09, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.