Tips Photoshop - Mempertegas garis mata dan bulu mata

Dengan mempertegas garis mata (atas dan bawah) serta merapikan bulu mata dengan menambahkan area yang bolong-bolong dapat membantu meng-enhanced hasil akhir foto portrait. Langsung saja kita praktekan.


Kita lakukan untuk mata kiri dahulu. Tambahkan layer baru, lalu gunakan brush tool (B), lalu pilih warna dari makeup yang sudah dibuat makeup artis pada garis mata (eyeliner).



Lalu warna area eyeliner atas dan bawah. Gunakan flow brush sekitar 50 - 60 % (pada kasus saya menggunakan flow 100% hasil akhir nampak tidak natural. terlalu tegas). Area Brush bisa diperbesar untuk area kelopak mata atas, tidak hanya area eyeliner atas. Bisa membantu menambahkan shadow pada kelopak mata, ini akan menambah dimensi pada mata dan nampak lebih menarik.



Kemudian pilih blending mode ke multiply agar hasil brush lebih tegas warnanya.




Lalu gunakan efek Blend if. Kita ingin menampilkan layer ini, jika layer dibawahnya gelap. Maka dari itu kita geser pointer area putih ke kanan. Tekan tombol Alt untuk memisahkan pointer.



Lakukan juga pada mata kanan dengan langkah seperti diatas. Berikut adalah perbandingan sebelum retouch (gambar sebelah kiri) dan sesudah retouch (gambar sebelah kanan).



Bila terasa terlalu tegas dan tidak natural, kembali kita manfaatkan opacity dari masing-masing layer.

Untuk menambahkan bulu mata, bila Anda menggunakan tablet-digitizer, akan sangat mudah. Karena ada fitur pressure control. Dimana bila pen ditekan keras maka hasil brush akan tegas, bila tekanan berkurang hasil brush akan kurang tegas. Dikarenakan saya menggunakan mouse, maka akan kita bahas trik menggunakan mouse agar bisa membuat bulu mata dengan mudah.

Buka Brush setting melalui menu Window - Brush. Click Shape Dynamics, lalu pilih dropdown box  Control ke pilihan Fade. Coba-coba angka yang cocok, saya sendiri menggunakan 30. Hasil brush akan seperti pada gambar dibawah (lihat di kelopak mata atas ada 3 hasil brush).



Setelah brush kita setting untuk meniru bentuk lembaran bulu mata, tinggal kita lakukan penggambaran diarea bulu mata yang kosong. Ikuti lekukan dari bulu mata berdasar alis disekitarnya. Anda tidak ingin membuat garis tegak lurus, karena akan terlihat palsu.

Berikut hasil akhir setelah ditambahkan eyeliner dan bulu mata. (kiri sebelum retouch, kanan setelah retouch). Usahakan perubahan jangan terlalu kentara. Karena akan nampak palsu.




Semoga bermanfaat, bila tertarik untuk melihat file tutorial ini, bisa diambil di halaman download


image proprietary of phlearn.com
Tips Photoshop - Mempertegas garis mata dan bulu mata Tips Photoshop - Mempertegas garis mata dan bulu mata Reviewed by noname needed on January 10, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.