Layer Masking

Masking dapat dikatakan sebagai layer bantu untuk menentukan area mana dari suatu image akan tampil atau disembunyikan. Caranya menambahkan masking pada layer yang akan diedit adalah dengan menekan tombol di bagian window layer (lihat gambar berikut).




Konsep layer mask adalah, warna putih akan ditampilkan, warna hitam akan disembunyikan. Jadi bayangkan seperti menggunakan masker hitam, wajah yang tertutup masker hitam tidak terlihat, sedengankan area yang bolong (putih untuk layer mask), akan terlihat, seperti pada area mata atau mulut.

Untuk menyembunyikan area yang tidak diinginkan, cukup dengan memberi warna hitam pada layer mask. Dapat dilakukan dengan berbagai cara:


  • Menggunakan Brush, cukup menggunakan brush lalu warnai hitam layer mask Anda.
  • Menggunakan Selection tool (magic wand, atau lasso tool, polygonal lasso tool). Pilih area yang hendak anda sembunyikan, lalu isi dengan warna hitam.
  • Menggunakan Pen tool, bila Anda hendak mendapatkan selection yang presisi, dapat menggunakan pen tol, lalu convert menjadi selection. Saetelah menjadi selection, isi dengan warna hitam.
  • Penggabungan dari tools diatas. Saat melakukan masking dapat terjadi Anda menggunakan gabungan tools diatas.





Untuk mendisable layer mask, cukup tekan Shift + Click pada layer mask. Maka layer mask akan disable (ditampilkan dengan gambar layer mask dengan silang merah). Untuk mengembalikan cukup tekan kembali Shift + Click.

Saat melakukan composting atau penggabungan gambar, teknik layer mask ini sangat penting dan bermanfaat. Salah satu keuntungan dari teknik ini adalah tidak merusak gambar asli.




Bila Anda ingin melihat layer mask itu sendiri, tekan Alt + Click pada layer mask maka, layer mask kita akan tampil. Anda bisa melakukan editing langsung disini juga.



Layer Masking Layer Masking Reviewed by noname needed on December 25, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.