Clipping Mask

Clipping mask adalah cara untuk menggunakan Adjustment Layer yang hanya memberikan efek pada layer yang di "Clip". Jadi bila Anda memiliki banyak layer dibawah dari layer yang di "Clip", tidak akan terpengaruh.

Misalnya, pada contoh, hendak meng-enhanced warna orange pada kaos, namun kita tidak ingin adjustment ini mempengaruhi layer dibawahnya.

Bila tidak melakukan clipping mask, maka layer lainnya yang terletak dibawah adjustment layer akan terkena pengaruh perubahan. Pada contoh ini digunakan Adjustment Layer - Curves untuk menggelapkan warna tulisan. Namun karena belum dilakukan clipping, maka perubahan berimabas pada layer background. (perhatikan warna coklat menjadi gelap saat curves digeser kebawah)


Untuk melakukan clipping mask, cukup menekan tombol yang seperti ditunjukan pada gambar berikut. Stelah melakukan clipping mask, pada panel layer pun akan ditunjukan bahwa adjustment layer tersebut di "clip" ke layer dibawahnya. Berarti perubahan adjustment, hanya akan berpengaruh pada layer yang di clip saja.





Nah, aplikasi dari clipping mask ini sangat bermanfaat. Kita dapat memberikan efek tertentu pada layer tertentu dan dapat menggunakan layer mask juga, hingga kita dapat menampilkan efek hanya pada area tertentu pada layer tersebut. (lihat artikel layer mask).

Teknik ini sangat berguna, karena kita dapat mengubah kapan saja, tanpa merusak gambar asli.
Clipping Mask Clipping Mask Reviewed by noname needed on December 25, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.