Trik Photoshop - Menambahkan Rim Light Pada Foto

Rim light, atau garis cahaya disekililing atau di area tertentu dari subjek sering digunakan para fotografer untuk memisahkan subjek dari background. Cukup umum dilakukan untuk portrait fotografi.

Biasanya menggunakan modifier barn-door atau snoot pada lighting  atau mungkin ada juga teknik lain.

Nah, bila Anda memiliki foto yang hendak dibuat agar subjek lebih terpisah dari background, teknik menambahkan rim light melalui photoshop dapat dilakukan.

Berikut langkah-langkahnya


Tambahkan adjustmen layer level, lalu geser pointer putih (sebelah kanan) kearah kiri. Adjust sesuai kecerahan yang diinginkan. Jangan lupa agar adjustment layer ini clipped ke layer dibawahnya.



Buat selection untuk memisahkan subjek dari background.





Pada layer mask dari adjustment layer, lalu buat selection untuk memisahkan subjek dari background


Modify selection tersebut ke menu Selection - Modify - Contract. Silakan masukan angka yang sesuai.



Lalu tekan enter, kemudia tekan Ctrl + I untuk membuat masking. Terlihat ada area lebih terang berdasar selection yang kita buat.



Gunakan Filter - Blur. Pada contoh digunakan gaussian blur, anda bisa bereksperimen, mungkin dengan lens blur masih bisa menghasilkan blur yang cocok.


Bila dilihat masking akan seperti gambar diatas.


Jadi yang dikerjakan adalah membuat gambar lebih cerah dengan area tertentu saja dengan cara masking.Masking hitam membuat area tersebut tidak ditampilkan, jadi hanya area sekeliling tubuh saja yang akan lebih terang.

Penggunaan Gaussian blur untuk membuat era yg lebih terang tampak nyata. Bila Anda hanya ingin menampilkan area tertentu saja, cukup gunaka brush tool. Pilih warna hitam. Brush area dimana Anda tidak ingin rim light tampil.

Bila ingin menggunakan file exercise untuk trik menambahkan rim light, silakan ke halaman download
Trik Photoshop - Menambahkan Rim Light Pada Foto Trik  Photoshop - Menambahkan Rim Light Pada Foto Reviewed by noname needed on December 28, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.