Trik Layer Cek - Adjustment Layer Threshold

Threshold sendiri berfungsi mengubah image dari apapun asalnya (gray scare atau color) menjadi image black and white. Kita dapat menggeser pointer untuk mengatur level threshold. Semua pixel yang lebih terang dari threshold akan diubah menjadi putih, semua pixels yang lebih gelap dari threshold akan diubah menjadi hitam.

Threshold sangat berguna untuk menentukan area yang paling terang dan paling gelap dari sebuah image. Dengan menggunakan fungsi ini, kita dapat manfaatkan untuk membantu kita dalam teknik compositing.

Cara Menambahkan Adjustment Layer Threshold




Layer Cek Threshold untuk melihat pergerakan cahaya

Seperti yang kita tahu, compositing adalah menggabungkan beberapa elemen gambar yang berbeda. Misalnya menggabungkan subjek yang kita foto ke background yang kita peroleh dari internet.

Tentu akan ada perbedaan cahaya. Threshold dapat membantu kita untuk melihat dimana perbedaan tersebut hingga kita dapat melakukan adjustment agar pergerakan cahaya (pergerakan pixels dari gelap ke terang) match antara background dan subyek serta elemen lainnya.

Silakan coba cari gambar apapun dari internet, paling mudah adalah menggunakan gambar landscape di sore atau pagi hari untuk melihat pergerakan level cahaya dari gelap ke terang.

Pada gambar dibawah, dapat dilihat, pergeseran threshold dari paling kanan ke kiri, akan terlihat pergerakan area mana yang paling terang, ke area yang paling gelap.

Pergerakan ini masuk logika, karena yang paling dahulu terang, adalah area matahari, disusul langit sekitarnya, terus ke area perairan dekat matahari , jembatan, kemudian area air dekat jembatan.







Kesimpulan

Setelah kita melihat pergerakan cahaya diatas, bila kita akan menambahkan element komposit. Katakanlah subjek seorang gadis kecil berdiri dijembatan tersebut. Maka subjek tersebut tidak boleh lebih terang dari matahari. Perubahan terang ke gelap harus sesuai, agar komposting berhasil dan terlihat diphoto disaat dan tempat yang sama.

Contoh kasus, bila subjek tersebut berdiri menghadap kita, maka area yang akan pertama-tama terang adalah area sebelah kanan atas (area kepala kanan), diikuti bahu atau badan, kemudia kaki. Dari area kanan ke arah area kiri.

Bila kita hanya sekedar menempelkan subjek, tanpa melakukan adjustment untuk menyamakan pergerakan gelap terang diatas. Maka akan terlihat palsu, dan boleh dibilang composting kita gagal. Lihat gambar dibawah, contoh komposit yang tidak sesuai dengan arah cahaya.


Jadi, composting, bukan hanya sekedar teknik masking agar subjek bersih tanpa background lalu tinggal ditempel dibackground apa saja. Karena dapat kita lihat, gambar diatas terlihat sekali bahwa itu adalah tempelan. Dengan menambahkan Adjustment layer Level dan masking. Kita bisa mengatur agar subyek lebih natural dan nampak difoto disaat dan ditempat yang sama.




Yang dapat kita lakukan adalah menggelapkan sedikit si anak secara keseluruhan, kemudian menurunkan kecerahan baju dan topi, kemudia membalikan arah cahaya dengan membuat sisi sebelah kiri lebih gelap dibanding sebelah kanan. Yang terakhir menambah photo filter untuk menghangatkan warna sebelah kanan subyek.

Masih perlu beberapa retouch dan fine tuning. Ini hanya untuk menunjukan ide penggunaan threshold untuk matching luminosity.

Photo subyek anak kecil dan background diambil dari internet, foto anak kecil hanya dimasking sekedarnya. Tujuan dari gambar diatas bukan hasil akhir teknik compositing. Pada area kaki si anak juga masih ada watermark dari pemilik gambar, jadi mohon dimaafkan.. ;)

Semoga bermanfaat. Bila ingin mencoba, silakan download photo nya di

 Photo anak kecil
https://www.dreamstime.com/royalty-free-stock-photography-cute-little-girl-standing-meadow-image26127207

Photo background
https://www.pexels.com/photo/seaport-during-daytime-132037/

Trik Layer Cek - Adjustment Layer Threshold Trik Layer Cek - Adjustment Layer Threshold Reviewed by noname needed on December 27, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.