Trik Photoshop - Rim Light Berdasarkan Warna Background

Seperti artikel sebelumnya sudah dibahas mengenai menambah rim light. Kali ini teknik yang sama digunakan, namun bukan sekedar mencerahkan tapi lebih menggunakan warna background.

Seperti yang kita pahami, bahwa warna background atau linkungan akan mempengaruhi warna pada subyek. Contoh, bila kita memotret seseorang sambil mendekatkan buku warna merah di dekat mukanya, maka warna merah akan terefleksi di wajah subyek. Walaupun subtle, namun akan ada efek.

Nah, trik ini digunakan agar element composit lebih terlihat menyatu dengan background.

Pertama-tama buat layer baru diatas, lalu isi dengan warna apa saja bebas.



Kemudian Clip layer tadi dengan layer dibawahnya. (bisa lewat menu Layer- Create Clipping Mask)




Setelah di-clip, pilih masking untuk memisahkan subjek dari background. Tekan Ctrl + Click untuk mengambil selection sekeliling tubuh subjek.

Kemudian modify selection, contract 2 pixels (untuk kasus editing ini, bisa berbeda dari gambar ke gambar)

Lalu kembali ke layer hijau tadi, tekan tombol Add Layer Mask (di panel layer paling bawah dengan icon kotak dengan lingkaran didalamnya).





 Setelah terbentuk seperti kondisi diatas, pilih masking pada layer hijau tadi, lalu tekan Ctrl + I untuk menginvert masking.

Jadi langkah diatas mungkin terlihat rumit, namun tujuannya adalah untuk membentuk seperti garis berwarna hijau mengelilingi Tubuh Subjek.



Setelah terbentuk seperti gambar diatas. Pilih layer hijau tadi (bukan masking nya), lalu hapus warna hijau tadi.

Setelah itu pilih brush dan lakukan sampling warna dari background, kemudian brush di layer hijau sudah di hapus tadi.

Sekedar ide, yang saya lakukan untuk area topi saya sampling warna lembayung pada background. Sedangkan untuk tangan kiri saya sampling dari warna danau sebelah kiri. Untuk tangan kanan, saya sampling dari danau sebelah kanan.

Tentu apa yang saya lakukan tidak fixed seperti itu, saya hanya mencoba membayangkan, kira-kira warna refleksi dari background / environment  yang cocok untuk area tertentu. Anda bisa bereksperimen dengan memilih warna yang berbeda.


Nah, setelah mengisi warna selesai, terlihat seperti gambar diatas. Sangat kasar bukan. Pilih layer masking dari layer tempat anda mewarna barusan. Lalu gunakan Filter - Gaussian Blur. Agar hasil pewarnaan tadi lebih menyatu natural dengan badan subjek.

Gunakan juga Opacity layer untuk menurunkan intesitas, serta gunakan Blending Mode Lighten.

Hasil adalah seperti ini, yang kiri tanpa rim light, yang kanan sudah diaplikasikan rim light. Perbedaan nya memang tidak terlalu kentara. Tetapi saya rasa, yang sebelah kanan lebih tampak natural karena refleksi warna background kita tampilkan pada subjek.


Nah, semoga bermanfaat.

File latihan bisa di ambil di halaman download
Trik Photoshop - Rim Light Berdasarkan Warna Background Trik Photoshop - Rim Light Berdasarkan Warna Background Reviewed by noname needed on January 02, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.