Trik Photoshop - Menambahkan Ray of Light

Menambahkan ray of light atau berkas cahaya yang tertangkap kamera adalah sesuatu yang kurang dianjurkan. Biasanya fotografer akan lebih puas bila dapat menangkapnya langsung melalui kamera.

Namun kadang kala, untuk mendapatkan moment tersebut tidak gampang. Tergantung cuaca, bila cukup cahaya dan lingkungan cukup materi materi diudara yang dapat membiaskan cahaya tersebut maka bisa diperoleh ray of light.

Nah, terlepas dari pro kontra, berikut sedikit trik dari photoshop untuk meng-enhanced photo landscape kamu. Pada contoh tutorial ini ray of light terlalu kentara, bisa dibuat lebih halus dengan menambahkan blur. Tapi memang sengaja dibuat kentara agar bisa terlihat jelas penambahannya.

Langkah pertama adalah menambahkan Adjustment Layer - Level. Lalu geser pointer putih (yang disebelah kanan. Geser ke kiri).


Lalu pada masking layer (di Adjustment layer yang baru ditambahkan), tekan Ctrl + I untuk menginvert menjadi hitam. (Anda bisa juga mengisi dengan warna hitam, bila Anda lebih terbiasa dengan cara tersebut)



Kemudian pilih brush yang bentuknya cukup acak, brush tipe grunge akan cukup bagus. Gunakan warna putih,  kemudian gambar garis-garis secara acak sesuai keinginan Anda. Namun aturannya adalah area dimana yang logis untuk tampil ray of light tersebut.




Bila dilihat pada layer masking adalah seperti berikut (tekan Alt dan Click pada layer mask)


Tampak aneh ya.. jangan khawatir. Mari kita gunakan blur pada masking dengan memilih menu Filter - Blur - Radial Blur. Pilih Zoom, silakan isi amout sesuai keinginan Anda. Dan geser blur center sesuai keinginan Anda. Pada kasus ini saya lebih menyukai settingan seperti dibawah.



Selesai. Hasilnya akan tampak seperti ada berkas cahaya atau ray of light turun dari langit. Dan bila dilihat maskingnya, tampak seperti gambar dibawah.







Anda bisa memainkan blending mode dan opacity untuk menampilkan efek yang Anda inginkan. Silakan bereksperimen.

Menambahkan ray of light tidak mesti selalu pada foto pemandangan. Bisa juga pada foto portrait baik indoor atau outdoor. Namun perlu diperhatikan agar ray of light dibuat natural. 

Tips: Untuk nampak lebih natural, dari contoh tutorial ini, dibuat agar jangan nampak berulang. Dapat dilihat, ray of light nampak berulang dengan jarak yang mirip dan ukuran yang mirip.

Berikut perbandingan tanpa dan dengan ray of light



Nah, semoga bermanfaat...
Trik Photoshop - Menambahkan Ray of Light Trik Photoshop - Menambahkan Ray of Light Reviewed by noname needed on January 02, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.