Photoshop Channel - Cara Untuk Membuat Selection

Photoshop channel, saat menggunakan photoshop, channel adalah area yang jarang disentuh. Setelah mengikuti tutorial dari phlearn. Ternyata channel cukup keren dan bermanfaat saat kita akan membuat selection.

Pada tutorial diajarkan bagaimana untuk mengambil area shadow dan area highlight dengan menggunakan channel.

Pada channel, bila kita tekan Ctrl + Click pada thumbnail dari channel tersebut, maka photoshop akan memilih area yang mendekati putih. Makin putih, selection akan makin tegas. Makin gelap selection akan makin kecil, dan untuk area hitam tidak akan dipilih oleh photoshop.




Tidak ada formula yang tetap, bahwa bila akan mengambil area shadow harus menggunakan channel tertentu. Kembali ke komposisi warna pada gambar tersebut. Bila warna merah cukup banyak di area highglight. Maka menggunakan channel red untuk mengambil highlight adalah pilihan yang tepat.

Melanjutkan dari perumpamaan diatas, bila channel red memuat banyak informasi tentang highlight. Maka hal ini juga dapat dimanfaatkan untuk memilih shadow. Kita hanya tinggal perlu meng-invert selection kita.

Berikut adalah screen capture, untuk memberikan ide, hasil selection adalah area highlight. Setelah melakukan selection pada channel (pada step diatas), kembali ke panel layer, tambahkan layer baru, dan coba warna dengan warna apapun menggunakan brush.

Akan nampak selection adalah area highlight dari gambar. Pada gambar berikut, gambar background asli disembunyikan, dan ditambahkan layer dengan warna hitam untuk memperjelas. Keren kan?




Nah, mungkin kita berpikir, manfaat apa yang bisa kita gunakan? Salah satunya yang ditunjukan oleh tutorial phlearn adalah memblending subjek dengan tekstur background. Pada tutorial ditunjukan memilih selection melalui channel red, kemudian di invert. Pada layer panel ditambahkan new layer, kemudian selection di warna hitam dengan brush. Hasilnya pada gambar dibawah, kiri sebelum diwarna hitam, kanan setelah diwarna hitam.


Nah keren kan.... teknik ini dapat kita gunakan untuk meng-enhance area shadow atau highlight pada image kita.


sumber: phlearn.com
Photoshop Channel - Cara Untuk Membuat Selection Photoshop Channel - Cara Untuk Membuat Selection Reviewed by noname needed on December 26, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.